Jumat, 10 Juni 2016

Strategi Bisnis Aniqah Hijab

Strategi Bisnis Aniqah Hijab


A.    Kemasan Aniqah









Dapat dilihat kemasan Aniqah terkesan unik, karena kemasan depan terdapat logo itu sendiri agar komnsumen mengetahui produk Aniqah seperti apa. Di belakang terdapat gambar wanita berhijab tentunya sesuai dengan ikonik Aniqah sebagai produk yang menjual hijab.

B.    Strategi Pemasaran
          
1. Gaya hidup masyarakat
 Hijab tidak hanya dipakai ketika akan keluar atau hanya sekedar pergi ke kampus atau tempat kerja. Dengan pergi ke pesta hijab bisa menjadi ciri khas outfit yang menjadikan wanita lebih elegan dan tertutup. Dengan banyak gambar yang tertera di website serta pajangan etalase, dapat membuat konsumen wanita memilih hijab yang dikenakan. Hijabnya terdiri dari berbagai warna sehingga konsumen tidak perlu repot membeli warna berbeda di setiap toko.

2. Penentuan daerah pemasaran
Kami membuka roko di Thamrin city di Jakarta Pusat, lokasi yang cukup strategis yaitu di ibukota. Kami tidak hanya membuka usaha disana, akan tetapi kami membuka toko di acara bazaar atau event muslimah tertentu. 

C.    Social Media Aniqah
website : http://aniqahhijabst.blogspot.co.id/
facebook : aniqahstore
instagram : @aniqahhijabst
wa             : 087784878412

D.    Manajemen Keuangan serta perijinan
          Meningkatkan manajerial disini yaitu dalam pengelolaan keuangan maupun  mengelola karyawan tentu membutuhkan bantuan serta perubahan agar karyawan yang kita pekerjakan mempunyai etika dalam menghadapi pembeli, adanya motivasi untuk belajar dan tidak hanya menjual produk dan melayani tetapi mendapatkan ilmu juga, serta semua anggota wajib mengetahui bagus tidaknya kain dan jilbab yang dipilih.Dengan adanya peningkatan seperti ini maka tidak akan adanya penyalahan laporan keuangan dan kepercayaan konsumen meningkat. Dalam perijinan, Aniqah tentu sudah memenuhi standar perijinan. Aniqah Hijab Store berjualan di toko yang tidak ilegal serta secara resmi di sewa oleh Aniqah.


Daftar Keuangan  Produk Aniqah :
   Sumber Modal
Modal Sendiri                                                                              Rp. 20.000.00,-
Modal Investasi
Meja Display                              Rp.   2.500.000
Kendaraan                                 Rp. 13.600.000
Alat Kebersihan                        Rp.      200.000
Alat Tulis dan Pembukuan         Rp.      250.000
Peralatan Lain-lain                    Rp.      150.000
                                      Rp. 16.700.000
Total Modal                                                  Rp. 36.700.000

2.      Biaya Operasioal per Bulan
Pembelian Barang  Dagang                              Rp. 8.000.000
Biaya Transportasi                                         Rp.    100.000
Biaya Gaji Pegawai                                          Rp.    750.000
Biaya Penyusutan Peralatan                             Rp.      50.000
Biaya Sewa Gedung                                         Rp.    450.000
Biaya Listrik dan Air                                       Rp.    100.000  
                                                                       Rp. 1.450.000

Total Biaya Operasional                                          Rp.  9.450.000


3.      Analisis Break Event Point (BEP)
Dalam analisis BEP ini saya mengambil salah satu jenis jilbab yang memiliki harga sedang yaitu jilbab pashmina, karena usaha ini menjual sekurang-kurangnya 4 jenis jilbab yang telah disebutkan dimuka sebelumnya, dan tiap jenis barang tersebut juga memiliki harga yang sangat berbeda-beda.

Ø   Biaya yang dikeluarkan untuk tiap jenis jilbab per bulan :
Pembelian Produk
25 x Rp. 35.000                                                 =    Rp.    875.000
Biaya Operasional Lain
Rp. 1.450.000 / 4                                               =    Rp.    362.500
Total Biaya Untuk Jilbab Jenis Pashmina                          Rp. 1.237.500

Ø   BEP  Jilbab jenis Pashmina
Biaya yang dikeluarkan                                                       =   Rp. 1.237.500
                          Harga Jual                                                    Rp. 52.500
                                                                                         =   23,57 atau 24 pcs

4.      Perhitungan Laba Rugi
Penjualan per bulan                                                          Rp. 12.000.000
Pembelian                                                                        Rp.   8.000.000
  Laba Kotor Usaha                                                          Rp.   4.000.000

Biaya Operasional
Biaya Transportasi                                                          Rp.    100.000
Biaya Gaji Pegawai                                                           Rp.    750.000
Biaya Penyusutan Peralatan                                              Rp.      50.000
Biaya Sewa Gedung                                                          Rp.    450.000
Biaya Listrik dan Air                                                        Rp.    100.000  
          Total Biaya Operasional                                           Rp. 1.450.000

Laba Bersih Usaha per Bulan                                        Rp. 2.550.000


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered by Blogger. Blogger Template by Intikali.org. Supported by Iskael and BlogSpot Design.